Knowledge info 1


            MAGDALENA  DAEMEN


  MAGDALENA DAEMEN  masa kecilnya bernama Cathrina Daemen,Ia lahir 19 November 1707 di desa De Laah,Nederland.Ia biasa dipanggil Catrien anak sebuah keluarga petani yang miskin dan sederhana.Catrien mempunyai adik Jeanneke.rumah mereka diatas tanggul yang didirikan untuk menahan luapan sungai Maas.
 Ketika Nederland dikuasai Prancis,para imam menolak untuk bersumpah setia kepada Napoleon(kaisar Prancis).Oleh karena itu mereka diusir dan harus meninggalkan gereja mereka di tanah air sendiri,namun secara diam-diam mereka mempersembahkan Misa Kudus dan member pelayanan sakramen.Catrien sering mendengar orang tua dan tetangganya berkata  “Tuhan Akan Menyelenggarakan”.Bagi Catrien itu adalah semboyan dasar imannya yang kuat.
  Catrien menerima komuni pada saat berumur 12 tahun.Meskipun Catrien tidak bersekolah tetapi ia tetap belajar membaca ,menulis,dan pembukuan.Ketika berumur 23 tahun ia pergi ke Maeseyk untuk bekerja sebagai pembantu rumah tangga. 
  Pada tahun 1814 para imam kapusin mendapatkan kembali biara mereka di Maeseyk yang disita oleh pemerintah.Imam kapusin mendirikan perkumpulan ordo ketiga awam dan Catrien menjadi salah satu anggota pertama.Pada tanggal 12 Oktober 1817 Catrien mengucapkan profesinya sebagai suster disaksikan oleh Pastor Eleutherius.
  Pada tanggal 21 Juni 1825 Catrien pergi ke Heythuysan dengan naik gerobak untuk membantu mengajar agama,membina anak-anak terlantar,melatih mejahit,membaca,menulis.
   Jumlah pengikut suster Catrien semakin banyak.Pada suatu hari Catrien pergi ke Luik untuk mohon mendirikan biara kepada bapak uskup.Tanggal 10 Mei 1835 merupakan hari berdirinya Tarekat Suster-Suster  St.Fransiskus Heythuysen dan suster  Catrien bersama teman-teman nya menerima busana suci.Nama Catrien Daemen menjadi Sr.M.Magdalen.Pada tahun 1858 Sr.M.Magdalena Daemen wafat.Pada tanggal 5 Februari 1870 rombongan para suster misionaris sampai dirumah yatim piatu Gedangan,Itulah awal  pelayanan Suster  Santo Fransiskus di Indonesia. 

 


1 komentar: